[MOVIESTAR] Tony Leung

6 September 2021

Dikenal di Indonesia berkat peran epic-nya sebagai Thio Bu Ki di serial “Golok Pembunuh Naga”, Tony Leung Chiu-wai adalah aktor dan penyanyi Hong Kong yang lahir pada 27 Juni 1962. Ia dinobatkan sebagai salah satu aktor tersukses di Asia bahkan sudah diakui seluruh dunia. Tony Leung juga diberi julukan “Small Tiger” diantara Five Tiger Generals of TVB, dimana nama Andy Lau juga termasuk salah satu diantaranya.

Tony Leung sudah memenangkan banyak penghargaan film internasional, termasuk Cannes Film Festival yang memberinya gelar Best Actor dalam film garapan sutradara Wong Kar-wai, “In The Mood for Love”. Leung pun dinobatkan sebagai aktor terbaik Hong Kong di generasinya. Selain itu, ia juga masuk ke dalam daftar Asia’s 25 Greatest Actors of All Time versi CNN.

Tony Leung tercatat tujuh kali memenangkan Hong Kong Film Awards, dan tiga kali menyabet Golden Horse Film Awards, yang menjadikannya pencetak rekor sebagai aktor terbanyak yang memenangkan kategori Best Actor.

Selama kariernya yang masih aktif hingga kini, Tony Leung tercatat sering berkolaborasi dengan sutradarai Wong Kar-wai, dimana keduanya sudah bekerjasama untuk tujuh judul film. Beberapa diantaranya adalah “Chungking Express” di tahun 1994, “Happy Together” di tahun 1997, “In the Mood for Love” di tahun 2000, hingga “The Grandmaster” pada tahun 2013.

Leung juga menghadiri Venice Film Festival dan memenangkan penghargaan tertinggi Golden Lion sebanyak tiga kali, diantaranya untuk film “A City of Sadness” tahun 1989, “Cyclo” di tahun 1995 dan “Lust, Caution” besutan sutradara Ang Lee di tahun 2007. Tony Leung juga ikut membintangi film nominasi Oscar berjudul “Hero”, plus muncul di dua judul film box office rilisan tahun 1992 berjudul “Hard Boiled” dan “Infernal Affairs” yang rilis di tahun 2002.  Yang terbaru, ia juga turut beperan sebagai tokoh bernama ‘Wen Wu/ The Mandarin’ di film Marvel Cinematic Universe, “Shang-Chi and the Legend of the Ten Rings”.

Untuk kehidupan pribadinya, Tony Leung sudah menikah dengan aktris Carina Lau yang dipacarinya selama 19 tahun, sebelum akhirnya kedua selebritis papan atas Hong Kong ini menikah di Bhutan pada tahun 2008 lalu. 

sumber: wikipedia



Pooling
Selain radio, dimana anda sering mendengarkan musik?

Spotify
TikTok
YouTube
Joox
lainnya
MONEY MATTERS bersama PINA
Cara Menghadapi Tantangan Bagi Sandwich Generation
MONEY MATTERS bersama PINA
Ciri-Ciri Keuangan Tidak Sehat
MONEY MATTERS bersama PINA
Bolehkah gaya hidup naik saat gaji naik?
MONEY MATTERS bersama PINA
Menikah Dulu Atau Mapan Dulu?
[Kembali Ke Bali] Taman Inspirasi Muntig Siokan - Eps. 4